call center : 0561- 721234 / 723428, 115 ( Bebas Pulsa ) - call center : 0561- 721234 / 723428, 115 ( Bebas Pulsa ) - call center : 0561- 721234 / 723428, 115 ( Bebas Pulsa ) - call center : 0561- 721234 / 723428, 115 ( Bebas Pulsa ) call center : 0561- 7


Tim SAR Kerahkan Empat SRU untuk Mencari Hasan di Perairan Pragaan


Sumenep – Tim SAR gabungan mengerahkan empat SRU (Search and Rescue Unit) untuk mencari Hasan (60) yang tenggelam di perairan pantai Pragaan, kecamatan Prenduan, kabupaten Sumenep, pada Selasa (14/5).

"Empat SRU ini terdiri dari tiga SRU laut dan satu SRU darat yang dikerahkan untuk melakukan pencarian korban di area yang sudah dipetakan berdasarkan rencana operasi," ujar Farid Kurniadi, Komandan tim operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya.

Farid menambahkan, SRU laut yang pertama berangkat dari dermaga Prenduan ke arah timur dengan menempuh jarak sekitar satu mil laut. Dalam pencarian ini, SRU laut pertama menggunakan perahu karet yang dilengkapi dengan mesin Mopel 25 PK dan sejumlah peralatan SAR pendukung.

SRU laut kedua melakukan penyisiran dengan menggunakan perahu nelayan yang dimulai dari TKK (Tempat Kejadian Kecelakaan) yang berada pada koordinat 7° 07' 53" S 113° 38 '42" E menuju ke dermaga Prenduan. Penyisiran ini dilakukan melalui tepi hutan Mangrove, sebab ada dugaan korban tersangkut di area tersebut.

SRU laut ketiga melakukan penyisiran yang dimulai dari TKK menuju ke arah barat dengan menempuh jarak sekitar satu mil laut. Dalam penyisiran ini, SRU laut ketiga meng-gunakan dua perahu nelayan guna membentangkan jaring.

Pada saat yang bersamaan, SRU darat melakukan peyisiran di sepanjang pesisir pantai Pragaan. Mereka berkomunikasi dengan para warga dan nelayan yang beraktivitas di sekitar pantai guna mencari informasi apakah mereka melihat tanda-tanda keberadaan korban yang sedang dicari.

"Melalui komunikasi yang dijalin SRU darat dengan warga dan nelayan, tim SAR gabungan berharap agar bila mereka melihat keberadaan korban, maka diharapkan agar segera melaporkannya kepada petugas yang sedang melakukan pencarian," ujar Farid.

Dalam pencarian korban nelayan asal dusun Momangka, desa Pragaan ini, sejumlah pihak ikut berperan, diantaranya tim operasi Kantor SAR Surabaya, Polsek Prenduan, BPBD kabupaten Sumenep dan nelayan sekitar. Peran serta ini tidak hanya berupa personil, tapi juga dukungan sarana pendukung upaya pencarian.

Sementara itu hingga berita ini ditulis, tim SAR gabungan masih berupaya melakukan penyisiran untuk menemukan keberadaan korban. (Lib)



Kategori Kecelakaan Pelayaran .
Pengunggah : surabaya
14 May 9:55 WIB