call center : 0561- 721234 / 723428, 115 ( Bebas Pulsa ) - call center : 0561- 721234 / 723428, 115 ( Bebas Pulsa ) - call center : 0561- 721234 / 723428, 115 ( Bebas Pulsa ) - call center : 0561- 721234 / 723428, 115 ( Bebas Pulsa ) call center : 0561- 7


Seminggu Ikuti Pelatihan, Potensi SAR Diajarkan Teknik Pertolongan di Permukaan Air Artikel ini telah tayang di tribunpontianak.co.id dengan judul Seminggu Ikuti Pelatihan, Potensi SAR Diajarkan Teknik Pertolongan di Permukaan AirSINTANG- Kepala Kantor


SINTANG- Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan SAR Pontianak, Hery Marantika memimpin Upacara Penutupan Pelatihan Potensi SAR Teknik Pertolongan di Permukaan bertempat di Pos SAR Kabupaten Sintang, Sabtu (30/3/2019) sore.

Upacara penutupan diikuti sebanyak 61 peserta Potensi SAR yang terdiri dari TNI-Polri, pegawai berbagai instansi, dan masyarakat umum dari lima kabupaten yaitu Sintang, Sekadau, Melawi, Sanggau dan Kabupaten Kapuas Hulu.

Menurutnya, selama satu minggu mengikuti pelatihan, peserta Potensi SAR tampak begitu semangat dengan materi-materi yang diberikan oleh instruktur. Semua dilaksanakan dan dikerjakan dengan sangat baik.

"Tentu kita berbahagia, para peserta begitu semangat dan bisa mengikuti pelatihan dengan sangat baik. Semoga ini menambah wawasan buat peserta dan bisa diaplikasikan langsung kepada masyarakat," kata Hery Marantika.

Baca: Jelang LIVE Debat Pilpres 2019, Jokowi Posting IG Sempat Makan Nasi Padang Bareng Keluarga

Baca: Kalbar 24 Jam - Korban Kawin Kontrak, Satpol PP Nyaris Ditebas hingga Karolin Melayat ke Pejuang 45

Baca: Gong Yoo, Baek Jong Won & Park Bo Gum Teratas! Inilah 30 Model Iklan Pria Korea Terpopuler Maret Ini

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan bahwa teknik pertolongan di permukaan air sendiri adalah teknik menggunakan peralatan seperti perahu karet maupun sekoci untuk memberikan pertolongan di atas permukaan air.

"Pertolongan kepada manusia yang terancam di atas permukaan air tentunya harus ada teknik-teknik sendiri. Jangan sampai kita menolong malah menambah bahaya. Makanya ada ilmu-ilmunya yang perlu dilatih," jelasnya.

Menurutnya memang saat dihadapkan pada situasi melihat seseorang mau tenggelam tentu kita akan panik. Lewat pelatihan ini juga diajarkan bagaimana agar tidak panik dan membuat orang yang ditolong juga tidak panik.

Selain itu dirinya juga menekankan bahwa Search and Rescue (SAR) atau pencarian dan pertolongan itu filosofinya adalah kemanusiaan. Artinya tidak memandang perbedaan, siapapun yang ditolong adalah saudara kita.

"Kita edukasi mereka selama tujuh hari ini, kita kumpulkan mereka, kita bentuk kekompakan mereka dengan satu tujuan yaitu mencari menolong dan menyelamatkan jiwa manusia yang terancam," tegas Hery Marantika.

Dirinya berpesan kepada para Potensi SAR menjaga kekompakan, menjaga ilmu yang sudah diberikan, dan manfaatkan untuk masyarakat yang membutuhkan. Kemudian siap jika dibutuhkan dalam tugas SAR.

Artikel ini telah tayang di tribunpontianak.co.id dengan judul Seminggu Ikuti Pelatihan, Potensi SAR Diajarkan Teknik Pertolongan di Permukaan Air.



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita .
Pengunggah : pontianakadmin
30 March 9:32 WIB