call center : 0561- 721234 / 723428, 115 ( Bebas Pulsa ) - call center : 0561- 721234 / 723428, 115 ( Bebas Pulsa ) - call center : 0561- 721234 / 723428, 115 ( Bebas Pulsa ) - call center : 0561- 721234 / 723428, 115 ( Bebas Pulsa ) call center : 0561- 7


SAR Pontianak Dukung Kinerja Wartawan Dalam Peliputan Pencarian Dan Pertolongan


PONTIANAK – Dalam menjalankan tugas pokoknya, Search And Rescue (SAR) Pontianak tentunya tidak lepas dari insan pers, yang memberitakan keterangan suatu kejadian berkaitan dengan pencarian dan pertolongan. Sehingga dibutuhkan satu sinergitas, antara keduanya untuk memberikan suatu produk berita yang layak dan enak dikonsumsi masyarakat.

“Coffee morning ini salah satunya adalah untuk menciptakan hal itu, sehingga kita bisa menyatukan persepsi, komunikasi sesuai tugas masing-masing,” Ujar Hery Marantika, Kepala Kantor SAR Pontianak, Kamis (09/11/17) kepada sejumlah awak media.

Menurutnya, antara SAR Pontianak dan insan pers sama-sama bertugas dalam memberikan rasa nyaman terhadap keberadaan Basarnas itu sendiri.

“Misalnya saja saat liputan penyelamatan, kami bertugas mencari dan wartawan mengshare hal-hal yang mungkin tidak semua bisa dimasukkan, artinya ada rambu-rambu yang harus dipatuhi, misalnya foto korban tidak vulgar sehingga keluarga korban tidak merasa bersedih begitu,” katanya.

Lanjutnya, sinergitas SAR dengan insan pers harus baik. Sebab, hal itu berpengaruh terhadap produk berita yang dikeluarkan, khususnya yang berkaitan dengan tugas SAR. “Juga dalam meliput berita peristiwa alam atau terkait penyelamatan, tentunya wartawan juga harus paham faktor keselamatan selama liputan, jangan sampai malah menjadi beban atau malah menjadi korban, artinya kita saling bahu membahu,” tandasnya.

Sehingga perlu adanya peningkatan komunikasi dan koordinasi terkait tugas masing-masing sehingga tercipa sinergitas yang baik.

Sementara itu, Kabag Humas dan Protokoler Basarnas, Marsudi mengapresiasi kinerja insan pers saat ini. Sebab media telah membesarkan SAR, terhadap apa yang dikerjakan selama ini.

“Tanpa media, SAR tidak ada apa-apanya, sehingga kegiatan ini dapat berdiskusi, saling mengisi dan menciptakan sesuatu yang terkait peningkatan kinerja SAR kedepan.

Tugas basarnas itu seperti apa, dan medialah yang memberikan pemahaman kepada masyarakat,” terangnya. Dirinya pun mendorong adanya sebuah wadah komunikasi agar tetap terjalin komunikasi sekaligus menjadi ajang sharing terkait hal dan tugas masing-masing.

“Media mungkin bisa membentuk forum misalnya ‘Forum Wartawan Basarnas Pontianak’ sehingga jikalau ada musibah, kita bisa share kesemua dan apabila ada yang perlu diluruskan, kita berikan info sehingga berita jelas dan tepat dan tidak hoax,” imbuhnya.

Dibagian lain, Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Pontianak, Dian Lestari menyambut baik kegiatan ini. Hal ini demi meningkatkan kinerja insan pers dilapangan.

“Wartawan kan butuh kecepatan data dan informasi, jadi insan pers pun jangan kebablasan sehingga tidak mengindahkan kaidah jurnalis sendiri, dan yang penting diketahui medan sebelum turun,” Katanya.

Dan kedepan mungkin kita bisa saling berbagi bagaimana tugas insan pers dalam menciptakan produk beritanya bisa ditiru SAR, ataupun sebaliknya insan pers diberikan pembekalan untuk menjaga keselamatan dirinya selama meliput.



Kategori General Berita .
Pengunggah : pontianakadmin
9 November 9:32 WIB