call center : 0561- 721234 / 723428, 115 ( Bebas Pulsa ) - call center : 0561- 721234 / 723428, 115 ( Bebas Pulsa ) - call center : 0561- 721234 / 723428, 115 ( Bebas Pulsa ) - call center : 0561- 721234 / 723428, 115 ( Bebas Pulsa ) call center : 0561- 7


Pelatihan Potensi Teknik Pertolongan di Permukaan Air


Kantor Pencarian dan Pertolongan Pontianak menggelar kegiatan pelatihan teknik pertolongan di permukaan air bagi para potensi pencarian dan pertolongan. Bertempat di Aula Hotel My Home Kabupaten Sintang, kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Direktur Bina Potensi Basarnas Marsekal Pertama TNI F. Indra Jaya Senin (25/3/2019) pagi.

Sebanyak 61 peserta yang merupakan potensi penarian dan pertolongan dengan latar belakang ASN, TNI-Polri, dan masyarakat umum dari lima kabupaten, yaitu Kabupaten Sintang, Sekadau, Sanggau, Melawi dan Kabupaten Kapuas Hulu turut terlibat mengikuti pelatihan.

Bupati Sintang dr.H.Jarot winarno,M.Med.Ph., mengatakan Ini keterpaduan, ada dari Korem, Batalyon, Brimob, Satpol-PP dan segenap elemen potensi SAR atau orang-orang yang bisa dilatih jika nanti dibutuhkan untuk membantu proses pencarian dan pertolongan.

Menurut Jarot keterpaduan inilah yang paling penting, artinya kekuatan Tim SAR yang begitu terbatas memerlukan dukungan. Sehingga potensi SAR yang terdiri dari berbagai latar belakang ini sangat perlu dimaksimalkan.

"Keterpaduan inilah yang utama, hari ini potensi SAR diberikan pelatihan, ke depan kita susun suatu metode komunikasi cepat, metode koordinasi karena kita punya potensi SAR yang bisa kita kerahkan kalau diperlukan," katanya.

Sementara itu Indra Jaya menyampaikan bahwa hal dasar yang harus dimiliki Potensi SAR adalah Medical First Responder (MFR) yaitu sebagai penolong pertama kali tiba di tempat kejadian yang memiliki kemampuan penanganan kasus gawat darurat, terlatih untuk tingkat dasar.

“Karena itu dasar dari teknik menolong sehingga nanti para potensi SAR yang dilatih ini bisa memberikan pertolongan dengan benar. Itulah yang menjadi dasar dan juga keterampilan dalam teknik untuk pertolongan," jelasnya.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan SAR Pontianak, Heri Marantika juga menyampaikan saat ini di lima kabupaten ini hanya dicover oleh Pos Pencarian dan Pertolongan Sintang yang ada di Kecamatan Sungai Tebelian, Kabupaten Sintang. Sehingga pelatihan potensi SAR diharapkan dapat membantu jika nantinya dibutuhkan.

"Kemudian kita pilih pelatihan potensi SAR ini dengan tema pertolongan di perairan karena dari Sintang sampai Kapuas Hulu itu punya sungai yang panjang dan luas, inilah yang mendasari kita melakukan kegiatan ini," pungkasnya.



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita , Pelatihan .
Pengunggah : arief
26 March 11:30 WIB